ACNE JOURNEY (Part 1 : Cleanser)

By devinjimie - 9:20 AM

Hi guys, Happy New Year 2020

it's a very long time since my last post..
Seperti yang kalian udah baca dari judulnya, gw disini mau share pengalaman gw tentang cara gw (personally) ngatasin jerawat yang mungkin kalian bisa terapkan juga (bisa cobain dari yang paling basic dulu)

DISCLAMER : Postingan ini based on pengalaman pribadi gue dan belum tentu dapat hasil yang sama di kulit orang lain dan postingan ini bener bener honest review dari gw, dan sebagian gambar yang di post disini diambil dari google maupun website, so i do not own the original picture dan muka gw gak kinclong kinclong amat. Jadi ini journey si amatir menuju wajah paripurna .

Jadi dulu itu gw termasuk orang yang kulitnya agak bermasalah sama jerawat dan bisa makin parah kalau gw makan pedes dan juga lagi stress. Hampir banyak cara udah gw coba, mulai dari minum obat antibiotik sampe research tentang "Accutane" (kalau kalian cari di YouTube pasti banyak banget yang bahas) dan sempet coba juga, tapi hasilnya ga gitu signifikan. Memang ngebantu ngurangin jerawat, tapi ya begitu, nanti hilang terus ada lagi. Jerawat yang di muka gw itu cenderung agak gede dan annoying gitu dan kulit gw tergolong berminyak dan sensitif. Yaps pas treatment yang minum obat itu, kulit gw bener bener jadi kering sampe bibir aja bisa berdarah saking kering nya. Jadi "Nivea Lip Butter" bener bener jadi penolong gw banget saat itu. Waktu konsumsi obat itu, bikin kulit gw jadi hipersensitif terhadap cahaya matahari, dan alhasil gw harus pake sunblock kemana mana. Sebelumnya gw udah konsul ke dokter kulit atau dermatologist dan produk yang gw pakai juga semua dari dokter. Ya karena gw agak bandel bandel dikit, jadi gw ganti cleanser gw, karena gw udah lama pake cleanser ini dan cocok aja. Gw bersihin muka 2 kali setiap mandi, pertama pake "JF Sulfur Oily Care" terus dilanjutin pake "JF Sulfur Blemish Care" buat ilangin bekas jerawat.


Blemish Care
Oily Care
Nah, rutinitas gw abis mandi biasanya bersihin muka lagi pake Anstringent. Awalnya gw bingung kenapa tiap abis bersihin muka kok berasa kaya yang gosong gitu, merah merah ga jelas. Dan setelah diteliti lebih jauh, alkohol di pembersih itu terlalu tinggi dan gw bersihin nya terlalu heboh, yang semestinya cuman di tap tap aja, gw sampe di gosok gosok. Nah rutinitas ini berjalan skitar beberapa bulan dan muka nya mendingan, tapi kok kaya yang stuck di situ situ aja, kadang jerawatan lagi, terus ilangnya lama banget.

Sampai akhirnya gw googling dan berlabuh di suatu thread kaskus kalau ga salah tentan men skin care gitu, dan gw mulai baca baca dan coba produk produk yang di rekomen sama anak anak kaskus. Pertama gw coba "Biore Acne Defense" dan mulai keliatan bedanya, sampe gw pikir bakal jadiin ini sabun reguler gw. Karena gampang di cari dan terjangkau juga. Tapi setelah beberapa minggu, muka berasa kaya kebal sama sabun ini, ga ada efek dan muka kaya yang kusam aja gitu. Gatau kenapa akhirnya gw mulai beranjak ke salah satu brand dari Amerika yang bener bener herbal dan ga pakai kimia, gw sempet mikir, mungkin kulit gw lelah, jadi mulai lah gw coba line up "Blue Herbal" dari Kiehl's

Wah gila sih, brand ini agak pricey, akhirnya gw cobain dulu sabun yang share in bottle nya beli di salah satu marketplace yang warna ijo, alias Tokped. Seminggu pemakaian muka berasa enakan, pas dipake adem banget dan ke kulit ga keras gitu. Pas pindah ke kiehl's gw masih pake anstringent dari dokter tapi alkohol nya yang rendah. Setelah cocok gw putusin buat beli di store nya dan sekalian konsul di sana.

Pas konsul disana gw sempet dibuat galau karena kulit gw sensitif gw di tawarin produk yang tanpa alkohol, yaitu line up nya Calendula Flower. Tapi gw tetep pake yang Blue Herbal karena udah ngerasa cocok.


Blue Herbal Cleanser
Akhirnya minggu berganti minggu, kulit mulai kejaga dan jarang jerawatan, dan gw udah hampir abis 4 botol, dan satu botolnya bisa tahan sekitar 3 bulan dengan harga sekitar 400ribuan sekarang. 

Tapi gw banyak gonta ganti sabun juga sih sebenernya. But one thing for sure, gw menemukan result yang sama dengan kiehls ini di produk nya COSRX Salycilic Acid Daily Gentle Cleanser
Dan gw mulai kenal skincare korea mungkin sekitar akhir 2017 dan memang masih ups and down juga sih kondisi kulit gw.

Mulai 2018 awal gw mulai coba ini itu dan ada yang cocok dan ada juga yang bikin breakout di gw. Tapi gw tetep stok si cosrx ini buat jaga jaga. Di awal 2020 ini kondisi muka gw banyak bekas jerawat nya dan jerawat aktif nya mulai sisa sedikit sih

Nanti gw sambung lagi buat cerita berikut nya masalah serum, sunscreen, sama spot treatment nya yah. Dan sebenernya gw lagi coba sabun lain and we'll see apakah hasilnya bagus atau mehh..

Tungguin ya..



Don't forget to follow my social media @devinjimie

  • Share:

You Might Also Like

0 comments